Buku Saku Pemilih Berdaya

Oleh

Buku Saku Pemilih Berdaya

Pemilu 2024 akan menjadi pemilu kelima yang diselenggarakan pada era demokratisasi pasca 1998. Pemilu ini juga menjadi titik persimpangan yang menentukan arah demokrasi Indonesia ke depan. Meskipun berbagai studi terdahulu mencatat ada berbagai persoalan serius dalam demokrasi Indonesia, tetapi pemilu masih menjadi mekanisme demokrasi yang dipercaya oleh publik sebagai satu-satunya cara yang absah untuk melakukan pergantian kekuasaan. Karenanya, keberadaan pemilu yang bebas, jujur, adil dan berintegritas menjadi prasyarat utama untuk terwujudnya pemilu yang bermanfaat dan bermakna bagi demokrasi. 

 

Mewujudkan pemilu yang bebas, jujur, adil dan berintegritas tidaklah mudah, karena penyelenggaraan pemilu Indonesia merupakan salah satu pemilu terbesar dan terkompleks di dunia. Selain itu, tantangan pemilu juga tidak kecil. Praktik politik uang dan jual beli suara, politisasi isu identitas suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), keterputusan hubungan antara pemilih dan peserta pemilu, serta rendahnya akuntabilitas dan representasi politik menjadi beberapa isu krusial yang kerap disoroti oleh publik.

 

Buku Saku Pemilih Berdaya hadir sebagai bagian dari upaya PUSKAPOL UI untuk turut menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan memperkuat daulat rakyat dalam demokrasi, dengan cara menjadikan masyarakat sebagai pemilih yang berdaya. Buku ini memuat informasi penting mengenai apa dan bagaimana Pemilu 2024, apa yang harus dilakukan oleh pemilih untuk bisa menggunakan hak suaranya, dan memastikan bahwa partisipasi pemilih di dalam proses penyelenggaraan pemilu memiliki signifikansi dan manfaat bagi penguatan demokrasi. 

 

Kami berharap buku ini tidak saja menjadi pedoman praktis bagi pemilih, tetapi juga bisa menjadi sarana pendidikan politik yang dimanfaatkan baik oleh penyelenggara pemilu, masyarakat sipil, komunitas warga, hingga lembaga pendidikan tinggi maupun sekolah. Sebagai lembaga kajian kampus yang menaruh perhatian pada isu-isu pemilu dan demokrasi, PUSKAPOL UI berharap prakarsa ini memberi sumbangsih positif bagi upaya penguatan demokrasi di Indonesia. 

 

Akhir kata, semoga buku saku ini bermanfaat.

 

Jakarta, 16 Januari 2024

Direktur PUSKAPOL UI

Dr. Hurriyah

Buku Saku Pemilih Berdaya

Tahun Rilis

Bacaan Terkini

Privatisasi Perguruan Tinggi: Dari Kesejahteraan Dosen hingga Kualitas Pendidikan

May 2, 2024

oleh

PUSKAPOL UI
Baca Selanjutnya

The Implications for Indonesian Democracy after Prabowo’s 2024 Win

April 30, 2024

oleh

Hurriyah
Baca Selanjutnya

Fewer women in parliament spells trouble

December 18, 2023

oleh

Hurriyah
Baca Selanjutnya

Mendorong dan Mengawal Perempuan Penyelenggara Pemilu

November 11, 2021

oleh

PUSKAPOL UI
Baca Selanjutnya

She Leads Mengubah Spirit Politik Perempuan

November 11, 2021

oleh

PUSKAPOL UI
Baca Selanjutnya

Factsheet: Meningkatkan (lagi) Keterwakilan Perempuan dalam Lembaga Penyelenggara Pemilu

November 3, 2021

oleh

PUSKAPOL UI
Baca Selanjutnya